Rahasia Kinerja Penangkal Petir

Rahasia Kerja Penangkal Petir


Banyak yang belum paham akan rahasia kerja penangkal petir. Jika melihat dari arti kata penangkal petir ialah menangkal, mencegah atau menolak bahaya daripada sambaran petir. Bagaimana bisa, sambaran petir yang termasuk fenomena alam dan termasuk kekuasaan sang pencipta dapat ditolak?. Hal ini mungkin masih terbesit sesekali dalam pikiran kita.



penangkal petir radioaktif dilarang
Jika melihat dari segi teknik penangkal petir, dahulu memang bersifat menolak dan menangkal, tetapi perlu diingat penangkal petir seperti ini di dalamnya mengandung unsur radioaktif. Jadi rahasia kerjanya menggunakan radioaktif yang memancar sehingga sambaran petir tidak dapat masuk selama masih dalam jangkauan pancaran radioaktif tersebut. Jadi fakta bahwa penangkal petir itu bersifat menolak, menangkal sambaran petir itu benar adanya. Tetapi perlu ditekankan sekali lagi, itu dulu dan tidak untuk sekarang !.




prinsip kerja penangkal petir
Istilah penangkal petir sampai sekarang masih melekat dan populer, padahal saat ini istilah tersebut telah disempurnakan menjadi penyalur petir.



"Lantas bagaimana dengan produk penangkal petir yang sekarang, apa masih mengandung radioaktif di dalamnya?".
Produk penangkal petir yang sekarang sudah bebas 100% dari unsur radioaktif.


"Ah yang benar.. Bagaimana cara membuktikannya?".
Cara membuktikannya dengan dua cara :
  • Cara pertama dengan penjaminan resmi dari vendor pembuat penangkal petir tersebut, jika produk telah terdaftar berarti sudah lulus uji bebas radioaktif. Karena larangan ini telah disahkan oleh BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) dan dijadikan SNI untuk produk penangkal petir, serta diawasi langsung oleh pihak DEPNAKER, dengan peraturan resmi PER02/MEN/1989 (Peraturan Pengawasan Instalasi Penyalur Petir).

  • Cara kedua (agak ekstrim, jika cara pertama belum meyakinkan anda), bongkar penangkal petir tersebut dan carilah komponen dan material yang mencurigakan. Tetapi sebenarnya anda tidak perlu repot melakukan hal ini, karena kami ahli dan spesialis penangkal petir CV. Bunga Indo Tehnik telah melakukannya sepanjang waktu pada pemasangan dan perbaikan instalasi penangkal petir. Dan hasilnya tidak terdapat komponen atau material yang mencurigakan dalam penangkal petir tersebut. Bukti lebih nyata bahwa tim kami sampai saat ini masih dalam keadaan sehat dan bersemangat.


"Bagaimana jika masih ada penangkal petir radioaktif yang lolos?".
Kami yakin tidak ada, karena terdapat banyak faktor diantaranya :

  • Bahaya radioaktif telah menjadi bahaya seluruh dunia, dan pastinya hal ini akan diawasi secara serius.

  • Penggunaan bahan radioaktif pada penangkal petir telah di dihilangkan, ditarik, dilenyapkan dan dilarang keras beredar di pasaran.

  • Menggunakan bahan radioaktif akan sangat beresiko bagi produsen penangkal petir baik dalam negeri maupun luar negeri.

  • Seluruh merk lokal maupun luar selama telah terdaftar SNI, pastinya terjamin aman.


Untuk saat ini walaupun masih menggunakan istilah penangkal petir, tidak akan ada masalah karena seluruh produknya pun telah diawasi dan bebas dari radioaktif.



rahasia kerja penangkal petir
Untuk lebih tahu rahasia kerja penangkal petir saat ini, terlebih dahulu mengganti istilah penangkal petir menjadi penyalur petir. Dari sini sudah dapat diketahui bahwa sambaran petir yang datang tidak lagi ditangkal atau ditolak tetapi disalurkan ke bumi sebagai media netral alami dan aman untuk membuang arus petir yang sangat besar. Tentu saja harus ada media untuk salurannya yaitu penghantar penurunan lebih mudah disebut kabel penangkal petir. Dan lebih penting interkoneksi dengan sistem pembumian atau grounding yang harus memiliki standar nilai resistan pembumian grounding yang telah dipersyaratkan.


Jadi seperti itulah rahasia kerja penangkal petir yang menjadi tanda tanya dan misteri selama ini. Tidak ada unsur mistis dan klenik di dalamnya. Semuanya murni teknologi, logis dan dapat dijelaskan. Jadi mulai sekarang tidak akan ada lagi rahasia antara kita dengan penangkal petir.